Rabu, 18 Oktober 2017

Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM. Tugas Perencanaan Pembelajaran dan Pembelajaran PPKn SD. Judul Membuat Rancangan Pembelajaran Kurikulum Sesuai Dengan Permendikbud No.22 Tahun 2016



Nama              : Nadya Nadziratul Ula
NIM                : 2015.82.0051
Kelas               : BSD Semester 5
Tugas              : Membuat Rancangan Pembelajaran Kurikulum  
  Sesuai Permendikbud No. 22 Tahun 2016
Dosen              : Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK

Satuan Pendidikan                                        : SD
Kelas/Semester                                              : II / 1
Tema                                                             : Keluargaku
Hari/Tanggal                                                 : Senin, 30 Agustus 2010
Alokasi waktu                                               : 2 x 30 menit
                                    (1 x pertemuan)
 
A.    KOMPETENSI INTI
KI 1                 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2                 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan   percaya      diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3                 :Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,        membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan  Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4                 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     STANDAR KOMPETENSI
1.      Pendidikan kewarganegaraan:
a.       Membiasakan hidup bergotong royong.
b.      Saling menolong sesama makhluk sosial.
2.      Bahasa Indonesia:
a.       Menceritakan tentang keluarga.
b.      Membaca cerita yang ada dibuku.
c.       Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
3.      Ilmu Pengetahuan Sosial :
a.       Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis

C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.      Siswa mampu menyebutkan contoh hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
2.      Siswa mampu menyebutkan manfaat hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
3.      Siswa mampu membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat
4.      Siswa mampu menceritakan peristiwa penting dalam keluarga menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri
5.      Siswa mampu membedakan tindakan yang mencerminkan sikap hidup rukun dan tidak rukun

D.    KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN
1.      Disiplin (Discipline)
2.      Tekun (Diligence)
3.      Tanggung Jawab (Responsibility)
4.      Ketelitian (Carefullness)
5.      Kerjasama (Cooperation)
6.      Toleransi (Tolerance)
7.      Percaya Diri (Confidence)
8.      Keberanian (Bravery)

E.     MATERI AJAR (MATERI POKOK)
PKN                : Hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
B INDO          : Membaca dan menyimpulkan isi teks pendek
IPS                  : Menceriakan peristiwa penting dalam keluarga
F.     Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi            : Cooperative Learning
Teknik             : Example Non Example
Metode            : Ceramah, diskusi, tanya jawab, inkuiri, demonstrasi, dan
Penugasan
G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Mengajak semua siswa berdoa menurut agama da keyakinan masing-masing (untuk mewakili kegiatan pembelajaran).
·         Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
·         Menginformasikan tema yang akan di belajarkan yaitu tentang “Keluargaku”

10 Menit
Inti
·         Siswa dibagi 3 kelompok
·         Siswa diberi bacaan berupa cerita pendek oleh guru.
·         Siswa membaca dan melengkapi cerita tersebut.
·         Guru menunjukkan contoh gambar yang mencerminkan sikap hidup rukun dan tidak rukun.
·         Siswa mengidentifikasi tentang gambar yang menunjukan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun
·         Beberapa siswa maju ke depan kelas untuk memperagakan contoh hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
·         Perwakilan kelompok maju ke depan kelas untuk menceritakan peristiwa penting dalam keluarga yang berhubungan dengan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
·         Guru mengadakan kegiatan tanya jawab yang mengarah pada pemahaman siswa tentang manfaat hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
·         Siswa menceritakan dengan bahasa sendiri manfaat sikap hidup rukun di rumah, sekolah, dan masyarakat
35 Menit
Akhir
·         Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan materi yang belum dimengerti
·         Siswa menerima soal akhir dari guru
·         Siswa mengerjakan soal akhir secara individual
·         Siswa bersama guru membahas soal akhir secara umum
·         Guru mengadakan refleksi tentang hasil belajar yaitu menanyakan kesan dan pesan dari siswa sebagai upaya perbaikan proses pembelajaran berikutnya    
25 Menit






H.    SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
MEDIA
·         Cerita Pendek
·         Gambar sikap hidup rukun dan tidak rukun
·         Lembar kerja siswa
 SUMBER BELAJAR
·         Buku PKn kelas 2
·         Buku Bahasa Indonesia kelas 2
·         Buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 2
I.       Penilaian
1.      lembar Pengamatan
No
Nama
Perkembangan *)
KET.
Minggu I
Minggu II
Minggu III

BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Nadya













2
Alif













3
Naufal













4
Adit













5
Baejin













6
Dst













Catatan : guru memberikan tanda (Ö) pada setiap kriteria sesuai dengan kinerja siswa.
2.      Lembar pengamatan Kegiatan Diskusi
No
Kriteria
Terlihat (Ö)
Belum Terlihat (Ö)
1
Keaktifan dalam berdiskusi


2
Kemampuan memberikan contoh-contoh aktivitas yang terkait


3
Kemampuan mengeluarkan pendapat




Mengetahui,                                                                                        Jakarta,....................20.....

Kepala Sekolah                                                                    Guru Kelas 2
SDN...........................


(..................................)                                                         (...................................)
NIP.                                                                                       NIP.

6 komentar:

  1. Terimakasih atas postinganya. Sangat membantu sekali. Sukses selalu ya!

    BalasHapus
  2. Terimakasih ka, sangat membantu

    BalasHapus
  3. Terimakasih nadya, telah memposting bentuk RPP sesuai Permendikbud no.22 tahun 2016, sangat bagus dan membantu sekali😊

    BalasHapus
  4. Terimaksih Nadia atas blog rpp nya sangat membantu untuk contoh merancang rpp ku

    BalasHapus
  5. Terimaksih Nadia atas blog rpp nya sangat membantu untuk contoh merancang rpp ku

    BalasHapus