Nama : Nadya Nadziratul
Ula
NIM : 2015.82.0051
Kelas : BSD Semester 5
Tugas : Membuat Rancangan Pembelajaran Kurikulum
Tugas : Membuat Rancangan Pembelajaran Kurikulum
Sesuai Permendikbud No. 22 Tahun 2016
Dosen : Dr. Dirgantara
Wicaksono, M.Pd, MM.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK
Satuan Pendidikan : SD
Kelas/Semester :
II / 1
Tema :
Keluargaku
Hari/Tanggal :
Senin, 30 Agustus 2010
Alokasi waktu :
2 x 30 menit
(1 x pertemuan)
A.
KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3 :Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca)
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
KI 4
: Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. STANDAR KOMPETENSI
1.
Pendidikan kewarganegaraan:
a. Membiasakan hidup bergotong royong.
b. Saling menolong sesama makhluk sosial.
2.
Bahasa Indonesia:
a. Menceritakan tentang keluarga.
b. Membaca cerita yang ada dibuku.
c. Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
3.
Ilmu Pengetahuan Sosial :
a. Memahami
peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
Siswa mampu menyebutkan contoh hidup rukun, saling berbagi dan
tolong menolong.
2.
Siswa mampu menyebutkan manfaat hidup rukun, saling berbagi dan
tolong menolong.
3.
Siswa mampu membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang
tepat
4.
Siswa mampu menceritakan peristiwa penting dalam keluarga
menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri
5.
Siswa mampu membedakan tindakan yang mencerminkan sikap hidup
rukun dan tidak rukun
D.
KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN
1.
Disiplin (Discipline)
2.
Tekun (Diligence)
3.
Tanggung Jawab (Responsibility)
4.
Ketelitian (Carefullness)
5.
Kerjasama (Cooperation)
6.
Toleransi (Tolerance)
7.
Percaya Diri (Confidence)
8.
Keberanian (Bravery)
E.
MATERI AJAR (MATERI POKOK)
PKN : Hidup
rukun, saling berbagi dan tolong menolong
B INDO : Membaca dan menyimpulkan isi teks pendek
IPS : Menceriakan peristiwa penting dalam keluarga
F.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab,
inkuiri, demonstrasi, dan
Penugasan
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi waktu
|
||
Pendahuluan
|
·
Mengajak semua
siswa berdoa menurut agama da keyakinan masing-masing (untuk mewakili
kegiatan pembelajaran).
·
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
·
Menginformasikan
tema yang akan di belajarkan yaitu tentang “Keluargaku”
|
10 Menit
|
||
Inti
|
·
Siswa dibagi 3 kelompok
·
Siswa diberi bacaan berupa cerita pendek oleh guru.
·
Siswa membaca dan melengkapi cerita tersebut.
·
Guru menunjukkan contoh gambar yang mencerminkan sikap hidup rukun dan
tidak rukun.
·
Siswa mengidentifikasi tentang gambar yang menunjukan contoh sikap hidup
rukun dan tidak rukun
·
Beberapa siswa maju ke depan kelas untuk memperagakan contoh hidup rukun,
saling berbagi dan tolong menolong
·
Perwakilan kelompok maju ke depan kelas untuk menceritakan peristiwa
penting dalam keluarga yang berhubungan dengan hidup rukun, saling berbagi
dan tolong menolong.
·
Guru mengadakan kegiatan tanya jawab yang mengarah pada pemahaman siswa
tentang manfaat hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
·
Siswa menceritakan dengan bahasa sendiri manfaat sikap hidup rukun di
rumah, sekolah, dan masyarakat
|
35 Menit
|
||
Akhir
|
·
Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan materi yang belum dimengerti
·
Siswa menerima soal akhir dari guru
·
Siswa mengerjakan soal akhir secara individual
·
Siswa bersama guru membahas soal akhir secara umum
·
Guru mengadakan refleksi tentang hasil belajar yaitu menanyakan kesan dan
pesan dari siswa sebagai upaya perbaikan proses pembelajaran berikutnya
|
25 Menit
|
||
H.
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
MEDIA
·
Cerita Pendek
·
Gambar sikap hidup rukun dan tidak rukun
·
Lembar kerja siswa
SUMBER BELAJAR
·
Buku PKn kelas 2
·
Buku Bahasa Indonesia kelas 2
·
Buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 2
I. Penilaian
1.
lembar Pengamatan
No
|
Nama
|
Perkembangan *)
|
KET.
|
|||||||||||
Minggu I
|
Minggu II
|
Minggu III
|
||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
|||
1
|
Nadya
|
|||||||||||||
2
|
Alif
|
|||||||||||||
3
|
Naufal
|
|||||||||||||
4
|
Adit
|
|||||||||||||
5
|
Baejin
|
|||||||||||||
6
|
Dst
|
Catatan : guru
memberikan tanda (Ö) pada setiap kriteria sesuai dengan kinerja siswa.
2. Lembar pengamatan Kegiatan Diskusi
No
|
Kriteria
|
Terlihat (Ö)
|
Belum Terlihat (Ö)
|
1
|
Keaktifan dalam berdiskusi
|
||
2
|
Kemampuan memberikan contoh-contoh aktivitas yang terkait
|
||
3
|
Kemampuan mengeluarkan pendapat
|
Mengetahui,
Jakarta,....................20.....
Kepala
Sekolah
Guru Kelas 2
SDN...........................
(..................................) (...................................)
NIP.
NIP.
Terimakasih atas postinganya. Sangat membantu sekali. Sukses selalu ya!
BalasHapusTerimakasih ka, sangat membantu
BalasHapusTerimakasih nadya, telah memposting bentuk RPP sesuai Permendikbud no.22 tahun 2016, sangat bagus dan membantu sekali😊
BalasHapusTerimaksih Nadia atas blog rpp nya sangat membantu untuk contoh merancang rpp ku
BalasHapusTerimaksih Nadia atas blog rpp nya sangat membantu untuk contoh merancang rpp ku
BalasHapusTerimakasih sangat membantu
BalasHapus