Rabu, 11 Oktober 2017

Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, M.M. Tugas Perencanaan Pembelajaran PPKn SD. Judul RPP Tematik Sekolah Dasar



Nama : Nadya Nadziratul Ula
NIM : 2015820051
Kelas : BSD - 5
Tugas : RPP Tematik kelas II SD
Dosen : Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      :
Kelas / Semester          : II / 1
Tema 1                        : Aku dan Sekolahku
Sub Tema 1                 : Tugas-Tugas Sekolahku
Pembelajaran Ke         : 1
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI (KI)
            KI 1           : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2           : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3          : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4     : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
             Bahasa Indonesia
3.2   Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan 
        bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi 
        dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2   Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di 
        lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi 
        dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
PPKn
3.1    Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan 
         mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
Matematika
3.4   Mengenal nilai tukar antar pecahan uang. 4.4 Mendemostrasikan berbagai penukaran 
        uang di depan kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban.
SBdP
3.3    Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.11  Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki,
         dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.

C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
            Bahasa Indonesia
3.2.1  Mengidentifikasi berbagai kegiatan dilingkungan sekitar.
4.2.1  Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD
          yang benar.
PPKn
3.1.1  Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila
          pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
4.1.1  Berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila pertama Pancasila dalam
          lambang negara Garuda Pancasila.
Matematika
3.4.1   Menyebutkan berbagai nilai pecahan uang.
4.4.1   Menunjukkan berbagai nilai pecahan uang.
SBdP
3.3.1    Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan seharihari.
4.11.1  Menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan 
            berdasarkan pengamatan secara langsung atau media yang lain.

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
·         Dengan mengamati gambar siswa berjejer masuk kelas dan berdoa, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar dengan teliti.
·         Dengan mengamati gambar siswa berjejer masuk kelas dan berdoa, siswa dapat mengajukan pertanyaan sesuai gambar dengan percaya diri.
·         Dengan mengamati gambar siswa berjejer masuk kelas dan berdoa, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila dengan teliti.
·       Dengan mengamati gambar siswa yang berdoa dengan khidmat, siswa dapat berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila dengan teliti.
·                 Dengan mengamati gambar berbagai pecahan mata uang, siswa dapat menyebutkan berbagai nilai pecahan mata uang dengan teliti.
·              Dengan mengamati berbagai pecahan mata uang, siswa dapat menunjukkan berbagai nilai pecahan mata uang dengan teliti.
·               Dengan mengikuti gerakan pada lagu “Di Sini Senang di Sana Senang”, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.
·         Dengan mengamati gambar bentuk gerak anggota tubuh, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan dengan percaya diri.
·              Dengan tanya jawab tentang tugas-tugas di kelas, siswa dapat menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan teliti.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
·         Gambar kegiatan di lingkungan sekitar.
·         Contoh perilaku yang sesuai dengan sila pertama Pancasila.
·         Nilai pecahan uang.
·         Gambar berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
·         Gerakan bermain melalui gerakan anggota tubuh.
·         Cerita narasi tentang kegiatan di lingkungan sekitar.

F.     PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
             Pendekatan           : Saintifik
             Metode      : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
·         Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
·         Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Aku dan Sekolahku”.
·         Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.


15 Menit
Inti
·         Siswa diajak mengamati gambar tentang kegiatan siswa yang sedang berdoa ketika memulai pelajaran dengan teliti (mengamati).

·         Guru membimbing siswa untuk mengidentifikasi gambar yang diamati (mengamati).
·         Siswa mencoba mengajukan pertanyaan yang dianggap penting untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa (menanya).
·         Siswa saling menukarkan pertanyaan yang telah dibuat dan menjawab pertanyaan (mengkomunikasikan).
·         Siswa menyampaikan jawaban yang telah dibuat (mengkomunikasikan).
·         Siswa yang lain memberikan tanggapan terhadap  jawaban yang disampaikan siswa yang tampil (menanya).
·         Siswa diajak mengidentifikasi berbagai kegiatan lain yang dilakukan siswa di kelas sebelum kegiatan pembelajaran dimulai (mengkomunikasikan).
·         Siswa membaca lancar berjudul “Awal Belajarku” yang diarahkan pada pengamalan sila pertama Pancasila (mengumpulkan informasi).
·         Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi teks tentang sila pertama Pancasila (mengasosiasikan).
·         Siswa mengamati gambar tentang sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasila (mengamati).
·         Siswa menjawab pertanyaan tentang gambar yang telah diamati (mengasosiasikan).
·          Siswa menjelaskan gambar dengan bahasa sendiri berdasarkan sikap yang pantas dan tidak pantas ditiru (mengkomunikasikan).
·         Siswa dibimbing untuk selalu menjalankan perintah agama dengan tekun.
·         Siswa diarahkan pada pengenalan berbagai pecahan uang (mengasosiasikan).
·         Siswa diajak bertanya jawab tentang berbagai pecahan uang yang pernah diamati (menanya dan mengasosiasikan).
·         Siswa diajak mengamati gambar berbagai pecahan uang pada buku siswa (mengamati).
·         Bertanya jawab tentang pecahan uang yang ada pada buku siswa (menanya).
·         Siswa kemudian menyelesaikan soal-soal tentang pecahan uang yang disediakan pada kolom latihan (mengumpulkan informasi).
·         Siswa mengoreksi jawaban yang telah dibuat (mengasosiasikan).
·         Siswa yang lain memberikan tanggapan terhadap  jawaban masing-masing siswa (mengkomunikasikan).
·         Siswa menyanyikan lagu “Di Sini Senang di Sana Senang” (mengumpulkan informasi).
·         Siswa menyanyikan lagu “Di Sini Senang di Sana Senang” sambil menggerakkan anggota tubuh sesuai nyanyi (mengumpulkan informasi).
·         Siswa membaca lancar tentang “Tugas Dayu di Kelas” (mengamati).
·         Siswa menyebutkan isi teks tentang “Tugas Dayu di Kelas” (mengkomunikasikan).
·         Siswa menuliskan tugas-tugas setiap siswa di kelas dan menuliskannya pada kolom yang disediakan (mengkomunikasikan).
·          Siswa membacakan hasil tulisannya ke depan kelas (mengkomunikasikan).
·         Bertanya jawab tentang meteri pelajaran yang belum dipahami siswa (menanya).
·         Guru memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
·         Siswa menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri (mengkomunikasikan).

180 Menit
Penutup
·  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari.
·  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi).
·         Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·         Melakukan penilaian hasil belajar
·         Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)


15 Menit

H.    SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·     Buku Siswa Tema : Aku dan Sekolahku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
·         Gambar berbagai kegiatan di kelas.
·         Gambar perilaku sesuai simbol sila pertama Pancasila.
·         Berbagai model pecahan mata uang sampai Rp500.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.      Prosedur Penilaian
·  Penilain Proses Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
·      Penilaian Hasil Belajar Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2.      Instrumen Penilaian
·         Penilaian Proses
     ü  Penilaian Kinerja.
     ü  Penilaian Produk.
·         Penilaian Hasil Belajar
    ü  Pilihan ganda.
    ü  Isian singkat.
    ü  Esai atau uraian.

Refleksi

Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………
            Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………
 Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………
            Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui

Kepala Sekolah,




( ___________________ )
NIP ..................................

Guru Kelas 2




( ___________________ )
NIP ..................................





sumber :https://www.scribd.com/doc/242771796/RPP-KURIKULUM-2013-SD-KELAS-2-II-SEMESTER-1-Tema-4-Aku-dan-Sekolahku-Sub-Tema-1-Tugas-Tugas-Sekolahku-pembelajaran-1-pdf



Tidak ada komentar:

Posting Komentar