Nama : Nadya Nadziratul Ula
NIM : 2015820051
Dosen : Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, M.M
Tugas : RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) PKn SD
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 35
menit.
Standar Kompetensi**
1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses
perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan nilai-nilai
juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa mampu
mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
§ Siswa mampu
menjelaskan proses perjuangan meraih kemerdekaan.
§ Siswa mampu
menyebutkan macam-macam perlawanan di daerah pada masa penjajahan.
§ Siswa mampu
menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional.
§ Siswa mampu
menceritakan arti dan nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring
), Jujur ( fairnes ) dan
Kewarganegaraan ( citizenship )
B.
Materi Ajar
§ Indonesia dijajah
oleh bangsa asing.
§ Kebangkitan Nasional.
§ Sumpah Pemuda.
C.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
§ Pendekatan
kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi dengan teman
sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
§ Kegiatan Awal
F Mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing,
untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi
dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F Mengajak siswa
bertanya jawab tentang kegiatan selama liburan.
F Dilanjutkan dengan
bertanya jawab tentang nama dan asal pahlawan Indonesia.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta
menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara
bergiliran mengenai Indonesia dijajah oleh bangsa asing.
F Bertanya jawab
mengenai suasana pada masa penjajahan.
F Bertanya jawab
mengenai bangsa apa yang pertama kali datang dan menjajah Indonesia.
F Guru menunjukkan
foto/gambar para pahlawan daerah dan menanyakan nama dan asalnya.
F Guru menjelaskan
mengapa timbul perlawanan rakyat di berbagai wilayah.
F Guru bertanya mengapa
perlawanan di berbagai wilayah selalu dapat ditindas.
F Bersama pasangan,
siswa ditugaskan mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
F Membaca secara
bergantian mengenai Kebangkitan Nasional.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Berdiskusi mengenai mengapa timbul kesadaran berbangsa.
F
Guru menjelaskan asal-usul Hari Kebangkitan Nasional.
F
Guru bertanya mengenai nilai-nilai Hari Kebangkitan Nasional pada masa
kini.
F
Melanjutkan membaca teks mengenai Sumpah Pemuda.
F
Menjelaskan kepada siswa mengapa timbul Sumpah Pemuda.
F
Bersama-sama mengucapkan sumpah pemuda dengan baik dan sungguh-sungguh.
F
Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan isi dan maksud Sumpah Pemuda.
F
Untuk pengayaan dan untuk mengukur ketercapaian kompetensi, siswa
ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal yang ada di dalam buku kerja/buku paket PKn
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama
pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan
Kompetensi Dasar.
F
Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Gambar/foto para
pahlawan.
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber
umum)
§ Surat Kabar, dst.
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ mendiskripsi-kan nilai-nilai juang para pahlawan
§ Menceritakanarti dan nilai Kebangkitan Nasional.
§ Menceritakan arti dan nilai Sumpah Pemuda
§ Menyebutkan isi
Pancasila
§ Memahami nilai tiap-tiap butir Pancasila
|
§ Tugas individu
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian tulis
§ Penilaian sikap
|
§ Menceritakan mengapa Indonesia dapat dijajah selama
ratusan tahun oleh bangsa asing.
§ Menjelaskan nilai yang terkandung pada Sumpah Pemuda
untuk diterapkan pada masa sekarang ini.
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk (
hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
& Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
v Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel PKN.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Sumber : abiedpedia.files.wordpress.com/.../www-masbied-com-3-rpp-pkn-sd-berkarakter-kelas-6-vi-semester-1.doc
Tidak ada komentar:
Posting Komentar